Senin, 15 Juli 2019

Begini Cara Hemat Listrik Namun Tetap Bikin Rumah Sejuk dan Terang


Pengeluaran rutin rumah tangga, setiap bulannya selain membayar tagihan rumah, pajak kendaraan, adalah tagihan listrik. Terlebih, banyak yang tidak tahu bahwa ada beberapa hal yang bisa saja membuat tagihan listrik Anda membengkak, misalnya seperti lupa matikan AC hingga lampu. Nah, untuk meminimalisir pengeluran Anda hanya karena listrik, berikut ada beberapa cara hemat listrik rumah tangga yang bisa Anda terapkan.

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa membuat tagihan Anda sering membengkak. Pertama, Anda membeli produk eletronik yang memang menggunakan watt yang besar, pemakaian, cuaca, teledor lupa matikan barang-barang elektronik dan lain-lain terutama untuk penggunaan AC.

Penggunaan AC sepertinya sudah tidak dapat dipisahkan lagi bagi Anda yang tinggal di daerah dataran rendah, seperti di kota Jakarta. Tidak sedikit juga produk AC yang memiliki watt yang tinggi.

Nah, dari hal-hal tersebut, Anda bisa mulai gerak untuk berhemat listrik. Selain baik untuk bumi dan lingkungan, pengeluaran Anda juga tidak bisa begitu besar. Ada beberapa cara agar Anda bisa mengehemat listrik di rumah, namun tetap memberikan kesejukkan dan penerangan yang cukup di rumah Anda.

1. Perawatan AC


Jika Anda menggunakan AC di rumah untuk menyejukkan ruangan, pastikan Anda memakai produk AC yang ukuran watt-nya kecil. Lalu selalu lakukan pengecekkan dan perawatn terhadap AC Anda. Karena, jika AC Anda bermasalah, seperti suhu naik turun tak menentu akan membuat menyedot listrik dengan cepat.

Jika tidak bisa sendiri, Anda bisa memanggil tukang atau teknisi khusus elektronik seperti AC. Lakukan perawatan seperti membersihkan atau mengganti filter udara secara teratur, sehingga AC bisa cepat dingin meski dengan suhu yang rendah.

2. Memperbaiki kebocoran 


Kebocoran atap, fentilasi udara, hingga celah di tembok, mungkin bisa jadi penyebab ruangan Anda tidak cepat dingin ketika sedang menyalakan AC. Untuk itu, lakukan pengecekan dan perbaikan pada celah atau kebocoran, sehingga udara AC di dalam ruangan tidak mudah keluar.

Baca Juga: Cara Bertransaksi Aman dengan Kartu Kredit

3. Gunakan Kipas Angin Gantung


Jika Anda menggunakan AC, tapi ruangan tidak begitu dingin, cobalah untuk menggunakan kipas angin gantung. Kipas berguna untuk mengatur suhu dan menyebar luaskan aliran udara.

Meski sangat sederhana, namun cara ini juga bisa memungkinkan Anda untuk menghemat penggunaan listrik Anda, meski menggunakan suhu rendah.


4. Hemat energi lampu


Energi cahaya yang dihasilkan lampu terkadang menghasilkan panas yang bisa menyebabkan udara menjadi panas. Nah, bagi Anda yang ingin tetap ruangan tetap sejuk, cobalah untuk menggunakan lampu yang terbaik dan tidak terlalu menghasilkan panas.

Itulah beberapa cara hemat listrik dalam penggunaan AC yang terkadang membuat tagihan listrik membengkak. Pasalnya, tarif listrik diketahui akan naik di tahun depan, sehingga Anda harus lebih bijak lagi dalam menggunakan listrik di rumah.

Anda juga bisa terapkan cara lainnya, agar bisa berhemat listrik, karena ada beberapa hal juga disebut bisa membuat tagihan listrik mu membengkak dan hal yang bisa menyedot listrik lebih cepat. Hal apa saja? Informasi selengkapnya bisa Anda baca di link berikut ini: https://www.cekaja.com/info/cara-hemat-listrik-rumah-tangga-yang-tahun-depan-tarifnya-bakal-naik/

1 komentar: